Rabu, 11 November 2015

Lumpia sayur

Assalamualaikum....belajar buat "lumpia sayur",,hmmmmm...susah juga ya buat kulitnya seperti yang di jual jual itu yang tipis sekali,,,tapi karena saya sudah niat pengen belajar buat kulitnya sendiri ya sudah yuk di coba saja,,meski ada yang sobek,terlalu kering,dll ada juga yang berhasil,heee,,lain kali musti belajar lagi biar bisa bagus kulitnya,,saya suka sekali makan lumpia 1,2 gak cukup,,heee,,kres kres gurih,,,enak,,saya cocolin pake saus cabe yang di encerin dengan sedikit air,heee,,, pake cabe rawit hijau pun enak 

Bahan :
15 lembar kulit lumpia/spring roll pastry siap pakai(saya buat sendiri)

1 sdm tepung larutkn dengan sedikit air untuk perekat(buat agak kental)
Minyak goreng secukupnya
Pelengkap :
Kucai(skip tidak punya)
Cabe rawit
Saus sambal
Bahan isi :
200 gr wortel iris korek api
50 gr tauge,siangi
100 gr filled ayam,potong dadu kecil
100 gr udang kupas,potong potong(tidak pakai tidak ada)
1 helai daun bwang potong potong
2 sdm minyak untuk menumis
3 bawang putih
2 bawang merah
Garam,gula,merica bubuk secukupnya


Cara :
Haluskan bwang putih,bawang merah
Tumis bumbu halus hingga harum
Masukkan filled ayam,udang kupas,aduk rata hingga berubah warna
Masukkan wortel,tauge,bumbui gula,garam,merica bubuk
Masak sebentar hingga wortel agak . Layu
Masukkan daun bawang,angkat,siap di sajikan
Penyelesaian :
Ambil selembar kulit lumpia
Beri isian secukupnya lalu lipat seperti amplop,gulung sambil padatkan
Rekatkan ujungnya dengan terigu yang sudah di cairkan tadi
Lakukan hingga habis
Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan
Angkat,tiriskan,siap di hidangkan dengan pelengkap

(Sumber resep : catatan nina)

Homemade kulit lumpia
bahan:

Tepung terigu 100gr
Tepung beras 1sdm
Putih telur 1btr
garam 1sdt
air 100ml

Cara membuat:
*campur air dan garam,aduk hingga larut,sisihkan.
*dalam wadah lain campurkan tepung terigu dan tepung beras,tambahkan putih telur,aduk hingga rata.
*tambahkan air garam,aduk rata,oleskan diatas teflon anti lengket menggunakan kuas,tunggu sampai pinggirnya mengelupas,angkat.

Note dari saya:tadi saya tambahkan air sampai adonan cukup cair .
Sebelum di cetak adonan saya saring agar tidak ada gumpalan dan kulitnya mulus.
Jangan terlalu kering karena kulit mudah pecah karena rapuh.
Untuk resep ini saya dapat 17 kulit lumpia.
Selamat mencoba


(Sumber resep : by Ratna Khomaini Anwar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar