Kamis, 05 November 2015

Ayam goreng ala irmadia


Assalamualaikum....hari ini masak ayam goreng lalapan sayur dan sambal,,hmmm,,, yang kayak gini nich yang membuat makan nambah nambah,,tentu saja sambalnya,heee,,mau pake tempepun mantap deh kalau pkai sambal,,,,saya buat ayam goreng dengan menggunakan santan/air kelapa,,dengan santan/air kelapa teksture daging ayam jadi lembut dan lebih enak menurut saya,,,

Bahan :
500 gr ayam goreng,potong potong(saya potong jadi 6)

120 ml santan kekentalan sedang/bisa menggunakan air kelapa
Air secukupnya
Air jeruk nipis secukupnya
Bumbu halus :
5 bawang putih
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri
Garam secukupnya

Cara :
Cuci bersih ayam,lumuri dengan air jeruk nipis,cuci lagi
Lumuri ayam dengan bumbu halus,diamkan 30 menit biar bumbu meresap
Masak air,hingga mendidih,masukkan ayam yang berlumur bumbu dan santan,sesekali di aduk
Masak hingga air tinggal sedikit/menyusut,angkat,dinginkan
Goreng ayam dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan,angkat,sajikan


Sambal :
3 cabe merah besar
6 cabe rawit
1 buah tomat
3 bawang merah goreng
1 bawang putih goreng
Gula,garam secukupnya
Terasi matang secukupnya
Cara :
Haluskan semua bumbu sambal,siap di nikmati dengan nasi dan lauknya
Nb :
Jumlah cabe bisa di sesuaikan dengan selera masing masing mau seberapa pedas
Bagi yang suka sambal yang matang,cabe dan tomat bisa di goreng terlebih dahulu,saya suka sambal mentah,heeee
Santan/air kelapa membuat tekstur daging ayam menjadi lebih lembut&moist


(Sumber resep : ibu saya modified by irmadia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar