Jumat, 06 November 2015

Banana cotton cake

Assalamualaikum....ceritanya hari ini belajar buat "banana cotton cake"resep ny. Liem,,dan ceritanya juga banana/pisang terlalu matang,heeee efek saya kebanyakan ngasih warna dcc/coklat bloknya,,,tara....alhamdulillah jadi meski banyak kekurangan sana sini,,senangnya pisang berbalut coklat leleh ini yummy lembuuuut,empuk sekali sekali seperti judulnya"cotton" selembut kapas,,,,nach kalau gini bisa makan pisang sekaligus kulitnya,heee smile emotikon

Bahan a :
250 gr putih telur(_+7 putih telur)

125 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar tar(saya pakai air jeruk lemon)
Bahan b :
150 gr pisang ambon matang,potong potong kecil(saya lumatkan)
50 gr gula pasir
1 butir telur
7 kuning telur
1/4 sdt garam
3 gr essens pisang ambon ny.liem(saya tidak pakai)
Bahan c :
50 gr margarin lelehkan
50 gr susu cair
Bahan d :
150 gr tepung terigu protein rendah(saya protein sedang)
1/4 sdt soda kue
Bahan e :
Coklat coating kuning(saya pakai collata)


Cara :
Kocok bahan b hingga mengembang(jangan terlalu pucat warnanya),matikan mixer
Masukkan bahan d,aduk rata
Masukkan bahan c,aduk rata
Kocok putih telur hingga berbusa,tambahkan gula pasir&cream of tr tar sedikit demi sedikit sambil terus di kocok hingga mengembang jambul petruk
Masukkan bahan a dalam 3 tahap ke dalam adonan,aduk balik perlahan hingga rara
Tuang dalam cetakan pisang yang telah di oles tipis margarin
Panggang au bain marie/water bath(proses pemanggangan dimana loyang berisi adonan kue di letakkan di atas wadah lain yang berisi air panas)
Panggang 45 menit(saya pakai suhu 180°c),angkat,dinginkan
Siram dengan bahan e,dinginkan sampai mengeras,beri dcc leleh(gunakan kuas untuk efek kecoklatan menyerupai buah pisang asli)
Sisa adonan bisa di tuang di loyang 20x30 yang di oles margarin dan di alasi kertas roti(punya saya saya tuang di cup alumunium foil)



gambar atas : adonan cake sebelum di panggang dengan teknik au bain marie(adonan cake di loyang persegi alumunium,di bawahnya loyang persegi panjang hitam berisi air)
gambar bawah : adonan cake setelahdi oven,dinginkan lalu di siram coklat coating kuning

(sumber resep : ny.liem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar