Minggu, 13 Maret 2016

Ikan asam padeh


Bahan :
500 gr ikan tenggiri(ikan tuna)
3 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam halus
5 lembar daun jeruk
2 batang serai
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
1 genggam daun ruku ruku(saya ganti kemangi,saya tak tau daun ruku ruku itu yang gimana,heee kata temen saya yang orang sumatra bisa di ganti kemangi)
4 potong asam kandis(saya pakai asam jawa)
3 sdm minyak
Bumbu halus :
3 cabe merah,buang bijinya
(Saya tambah 10 cabe rawit)
10 bawang merah
5 bawang putih
3 kemiri,sangrai
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
1 cm jahe
Garam halus,gula pasir secukupnya


Cara :
Lumuri ikan yang sudah di potong potong dengan air jeruk nipis,garam hingga rata,sisihkan
Panaskan minyak goreng
Tumis bumbu halus,sereh,daun jeruk,asam jawa,kunyit&daun salam sampai wangi
Tuang air dan biarkan mendidih
Masukkan ikan,aduk rata
Masak hingga matang&bumbu meresap dengan api kecil
Sesaat sebelum api di matikan masukkan daun ruku ruku(saya kemangi)
Angkat,hidangkan


(sumber resep : hesty kitchen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar