Senin, 07 Maret 2016

Chiffon Cake Ketan Hitam


Saya buat 1/2 resep di bawah ini dengan 3 telur,bahan lain di bagi 2
Bahan:
5 butir kuning telur
100 ml santan kental
150 gr tepung ketan hitam, ayak
75 ml minyak sayur

5 putih telur
½ sdt garam
1 sdt cuka(saya air jeruk nipis)
150 gr gula pasir

Cara membuat:
** Dalam wadah: aduk rata pakai whisk kuning telur dan santan lalu tambahkan tepung setelah rata masukkan minyak kemudian aduk rata hingga menjadi pasta yang halus dan licin
** Diwadah lain: Kocok dengan mixer speed rendahputih telur, garam dan cuka sampai sedikit mengembang, naikkan speed kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di kocok sampai mengembang dan mencapai soft peak
** Campur adonan tepung ketan hitam kedalam putih telur, aduk rata
** Tuang ke dalam loyang chiffon yg tidak di oles apapun(saya menggunakan loyang biasa saya beri alas kertas roti)
** Panggang dengan suhu 140C selama 1 jam 15 menit atau sampai matang(saya panggang 160°c 20 menit,140°c 15 menit karena saya buat 1/2 resep dengan loyang kecil jadi manggangnya lebih cepat)

** Dalam keadaan panas segera balikkan loyang chiffon, tunggu sampai dingin
** Chiffon akan lepas dari loyang, jika lengket sisipkan pisau panjang di keliling loyang dan letakkan di piring saji


(Sumber resep: Asri Rini,posting&rebake bunda eny rere)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar