Minggu, 15 November 2015

Ketan mangga lumer

Assalamualaikum..lagi musim mangga nich,,..mumpung murah beli banyak,heee,,,yuk buat olahan mangga,,sebenarnya sich dessert ini biasanya di sebut tandur/ketan duren lumer,,tapi karena saya tidak suka duren,,beda sekali dengan suami sukkkkaaa banget durian,,tapi karena suami tau saya tidak suka dia tidak pernah makan durian di depan saya,padahal sudah saya suruh beli durian kalau lagi pengen,,tapi suami tidak mau gak enak sama saya katanya, cium baunya saja saya mual,,jadi buat "ketan mangga lumer" saja smile emotikon

Bahan :
250 gram beras ketan putih

75 ml santan kental (saya pake kara yang kecil 1 bungkus)
secukupnya garam
2 sdt gula pasir

bahan custard :
1 buah mangga (350 gram)
150 ml air (bisa di ganti susu cair)
25 gram susu bubuk
1 bungkus santan kental (kara yang kecil)
secukupnya garam secukupnya gula pasir (kalau saya karena tidak suka manis sekali saya pakai 3 sdt gula pasir)
2 sdm tepung maizena
1 butir kuning telur(saya tidak pakai)

Cara :
1). rendam beras ketan kurang lebih 1 -2 jam agar hasil ketan nya lembut. sisihkan

2).setelah 2 jam, kukus ketan hingga setengah matang.

3).di wadah lain, campurkan santan kental, gula pasir, garam aduk hingga tercampur rata. sisihkan

4).angkat ketan yang telah dikukus setengah matang, kemudian masukkan kedalam adonan santan aduk hingga tercampur rata. kukus kembali hingga matang.

5).blender semua bahan custard (mangga, susu bubuk, air, garam, santan, tepung maizena, kunibg telur, gula pasir) hingga halus. kemudian ,masak hingga meletup letup.... aduk terus masak sekitar 10 menit. angkat sisihkan

6).cetak ketan ke dalam wadah (bisa pakai wadah dari daun yang dibentuk kotak kotak, bisa dengan wadah puding kecil kecil, bisa dengan wadah loyang ayang telah dialasi plastik) cetak ketan di wadah yang telah disipakan,, agak ditekan tekan ya,, kemudian siram atasnya dengan adonan custard mangga nya.... masukkan kedalam kulkass,,, sajikan dingin lebih nikmat.


(Sumber resep : Endang mulya,cookpad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar