Minggu, 15 November 2015

Kue thok

Assalamualaikum...ada yang masih ingat atau suka dengan kue jadul ini,,hari ini saya belajar membuatnya,"kue thok"namanya di daerah saya,,mungkin di daerah lain namanya berbeda ya?? ada yang menyebutnya kue ku,kue kurakura,dll,,yang pasti rasanya sama sama enak,,dulu ibu saya yang biasa buat buat saya,adik adik dan bapak,,, sekarang saya belajar buat buat suami dan putri saya :)

Bahan kulit :
450 gr tepung ketan

400 gr kentang kukus,haluskan
80 gr gula pasir
400 ml santan kental,hangatkan
100 ml air hangat/air pandan hangat
Pewarna secukupnya
Untuk pewarna hijau alami bisa menggunakan 10 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan iris dan blender+50 ml air&peras
Bahan isi :
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
Daun pisang untuk alas kue


Cara isi :
Kukus kacang hijau sampai matang,empuk _+20 menit,angkat,haluskan bersama gula pasir,garam,vanili,bentuk bulat bulat sebesar kelereng,sisihkan
Cara kulit :
Panaskan santan,gula pasir,aduk hingga gula larut,angkat
Campur tepung ketan,kentang halus,santan hangat&100 ml air hangat/air pandan hangat,uleni dengan tangan hingga jadi adonan dan tidak lengket di tangan
Ambil segengam,pipihkan di tangan,isi,cetak dengan cetakan yamg sudah di oles minyak goreng sebelumnya
Alasi dengan potongan daun pisang(olesi juga dengan minyak goreng ya daun pisangnya)
Kukus _+10 menit,jangan lupa selalu buka tutup kukusan agar kue tidak melar
Setelah matang,dinginkan di suhu ruangan agar kue tidak lengket


(Sumber resep : kue ku resep kreasi dapur iis suhendar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar