Minggu, 27 Desember 2015

Zuppa soup

Assalamualaikum...suasana yang dingin dis emarang membuat pengen makan yang hangat hangat,,pernah makan di salah satu restoran,,tapi rasanya kok menurut saya kurang yummy terlalu eneg,mungkin karena full susu supnya,,akhirnya coba but sendiri dengan puff pastrynya pun saya buat homemade sendiri,,yang mau coba buat puff pastry homemandenya bisa di lihat di blog ini juga ya,,resep saya nyontek teh ricke indriani,,hmmm,,rasanya yummy enak banget lebih enak dari pada


Bahan :
Puff pastry,potong sesuai ukuran mangkuk(saya pakai cup alumunium foil)
Bahan sup:
250 gr filled ayam,potong dadu kecil kecil
5 buah sosis ayam,potong dadu kecil
100 gr jamur kalengan,iris tipis(saya ganti dengan 1 buah wortel potong dadu kecil kecil dan 1 buah jagung manis pipil)
2 siung bawang putih,geprek,cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated(saya uht plain)
11/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
3 sdm margarin
5 sdm terigu
Kuning telur untuk olesan
Oregano kering untuk taburan(saya pakai daun seledri cincang halus)


Cara :
Panaskan margarin,tumis bawang putih,bawang bombay hingga layu dan harum,kecilkan api
Masukkan terigu,aduk rata hingga terigu bercampur tumisan
Tuang air sedikit sedikit,sambil di aduk hingga air habis(saya masukkan juga wortel dan jagung)
Masukkan ayam,masak hingga mendidih,mengental dengan api sedang,masukkan jamur,sosis
Masukkan garam,gula pasir,kaldu bubuk,merica bubuk masak sebentar hingga jamur dan sosis matamg
Masukkan susu evaporated,masak sambil di aduk aduk agar susu tidak pecah hingga mendidih pertama kali,matikan api,cicipi sesuaikan dengan selera
Panaskan oven 200°c
Siapkan mangkuk tahan panas(saya cup alumunium foil)
Tuang sup dalam mangkuk/cup(jangan penuh)
Tutup dengan kulit puff pastry,oles kuning telur,taburi oregano(saya seledri)
Panggang hingga puff pastry mengembang dan kecoklatan,renyah,angkat,sajikan
Tips :
1. Jangan mengisi mangkuk terlalu penuh karena waktu di panggang sup akan mendidih,kalau terlalu penuh nanti meluap keluar membasahi kulit puff pastry
2. Jika ingin puff pastry menggembung tinggi(high dome),tuang sup dalam keadaan panas/hangat,karena ketika di panggang sup akan cepat menghasilkan uap panas,menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis lapis,hingga menghasilkan zuppa soup yang menggelembung membulat ke atas
3. Jika ingin zuppa soup yang mengelembung dan berlapis lapis&tebal,masukkan sup dalam keadaan dingin saat di oven sehingga kulit puff pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan lapisnnya sebelum sup mendidih


nb : puff pastrynya saya buat homemade ya,yang mau coba bisa di lihat di blog ini juga,saya buat dengan resep chef deddy rustandi

(Sumber resep : ricke indriani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar