Minggu, 27 Desember 2015

Onde onde ketan hitam

Assalamualaikum...masih ada stock tepung ketan hitam yang sudah ke buka,,dingin dingin gini enak makan "onde onde ketan hitam",,hmmm,,yummy enak sekali ,ini kue kesukaan bapak saya,,ketan hitam menambah rasanya jadi tambah nikmat,heee pantas harganya lebih mahal dari tepung ketan putih ya,hee...
Bahan kulit :
100 gr tepung beras ketan putih(saya ganti hitam)
25 gr tapioka
100 gr biji wijen
100 ml santan(encer)
1 liter minyak goreng
1 sdt vanili
Bahan isi :
100 gr kacang hijau kupas
75 gr gula pasir(saya tambah 50 gr,jadi 125 gr)
100 ml santan kental(saya 50 ml)
1 sdt vanili
(1/2 sdt garam)


Cara kulit :
Panaskan santan,aduk terus hingga mendidih,diamkan sebentar
Campur tepung beras ketan dan tapioka,siram santan hangat tadi,uleni sampai tidak lengket di tangan,bentuk bulat bulat
Cara isi :
Rendam kacang hijau kupas _+1 jam(saya 2 jam),blender(saya kukus dulu _+20 menit,lalu saya haluskan dengan ulekan)
Campur santan,kacang hijau kupas yang sudah halus,tambahkan gula pasir,vanili,garam,aduk terus sampai adonan mengental,matikan api(biarkan dingin,bentuk bulat bulat lebih kecil dari bulatan adonan kulit)
Penyelesaian :
Ambil adonan kulit pipihkan isi dengan bahan isi,bulatkan,celupkan ke wijen(saya celup ke air sebentar lalu gulingkan ke wijen agar wijen menempel dengan baik)
Goreng dengan api kecil(saya masukkan saat minyak belum benar benar panas agar tidak meletus)
Setelah agak kekuningan angkat


(Sumber resep : siswaty elfin bachtiar,cookpad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar