Minggu, 06 Desember 2015

FLOSS ROLL BREAD

Assalamualaikum...hari ini belajar buat roti gulung abon/roll abon bread,,hmmm..rasanya mantap,pedas,gurih,,saya pake abon pedas,,saya buat 1/3 resep dengan loyang 22x22,,ternyata terlalu kecil loyangnya,,rotinya mengembang tinggi dan tebal,,rasanya mau nanggis waktu ngintip kaca oven,,harusnya sich senang ya,,biasanya kalau roti menggembang tinggi senang sekali,tapi ini mau di gulung,kalau tebal bisa tidak di gulung nantinya???,,hwaaa,,alhamdulillah akhirnya bisa di gulung meski retak di awal,,heee,,,kepanjangan ya ceritanya,,rasanya enak buat saya yang kurang suka aneka roti,,ini bisa jadi alternatif varian roti selain roti manis dan roti tawar
Bahan :
-500 gram cakra
-124 gram gula pasir

-1 bungkus fermipan
-1/2 sdk teh bread imporver
(Saya tidak pakai)
-1/2 sdk teh garam
-50 gram susu bubuk
-100 gram blue band
-3 kuning telor
-250-300 cc air es
Bahan topping :
-3 bj cabe merah besar
-3 bj cabe hijau besar
-25 gram wijen buat taburan
-saos tomat/saos cabe,selera masing2.
-mayonise secukupnya
-abon sapi/ayam(saya pake abon sapi pedas)


Cara:
-campur bahan kering aduk,masukkan kuning telor,air es aduk rata,terakhir blue band.aduk rata sampai kalis(garam&blue band saya masukkan terakhir setelah adonan setengah kalis,lalu uleni hingga kalis,saya diamkan _+1 jam/sampai mengembang dua kali lipat)
-timbang 1000 gram taruh diloyang ukuran 60*40 cm,yang sudah di olesi mentega
-tipiskan adonan,tusuk dengan garpu(saya diamkan lagi _+20 menit)olesi telor taburi wijen dan cabenya diamkan hingga mengembang(saya _+10 menit)
-oven 150°c sampai matang(saya 180°c 15 menit api atas bawah,2 menit terakhir saya pakai api atas saja)
PENYELESAIAN:
-potong 2,oles mayonise campur dengan saos secukupnya(saya tambahkan/tabur abon),gulung dan rapatkan.
-potong potong menurut selera
-oles bagian kanan dan kirinya dengan mayonise yang dicampur susu kental manis putih taburi abon
Nb : saya buat 1/3 resep di atas dengan loyang 22x22,,dan ternyata kurang besar/lebar loyangnya sehingga roti tebal&tinggi
Saya sarankan jangan terlalu lama memanggang agar roti tidak kering dan mudah di gulung


Sumber resep : bunda Elyda Fara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar