Minggu, 27 Desember 2015

Lemper abon sapi pedas

Assalamualaikum...dari semalam di sini hujan dan baru saja reda,,enak banget bermalas malasan,hiii,,,tapi ya tidak mungkin juga,,tetap bangun pagi dan beraktifitas kerjaan rumah sudah menunggu,,hari ini saya belajar buat "lemper abon sapi pedas",ada stock abon sapi yang sudah terbuka,sayang kalau tidak segera di makan,,sebenarnya saya kurang suka lemper,jadi biar suami saja yang ngabisin,hiii,,,,saya buat sedikit saja,,resepnya nyontek resepnya mbk diah didi kitchen lagi,,mksi mbk 
saya sertakan resep bahan isi ayamnya ya,siapa tau ada yang mau buat
Bahan ketan :
250 gr beras ketan,rendam 1 jam

150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 lembar daun pandan
Bahan isi :
250 gr filled dada ayam
2 lembar daun salam
1 batang serai ,ambil putihnya memarkan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
5 bawang merah
2 bawang putih
2 kemiri sangrai
1/4 sdt ketumbar sangrai


Cara isi :
Rebus ayam hingga matang,angkat,suwir suwir halus
Tumis bumbu halus hingga harum,masukkan daun salam,serai,ayam suwir,,garam,kaldu bubuk,merica,gula,santan,masak hingga bumbu meresap dan kering
Cara ketan :
Kukus ketan 10~15 menit hingga 1/2 matang
Rebus santan,garam,gula,daun pandan hingga mendidih
Masukkan ketan(api saya matikan),aduk rata hingga santan terserap di ketan
Kukus ketan hingga matang _+30 menit


Penyelesaian :
Bagi jadi dua ketan kukusnya
Ratakan di loyang yang sudah di olesi sedikit minyak/dilapisi plastik/daun pisang,padatkan
Tuang isi sampai rata
Taruh sisa ketan di atasnya,ratakan,padatkan
Balik ketan,potong potong persegi panjang,kotak/sesuai selera
Bungkus daun pisang,hias sesuai selera
Nb : bahan isi saya ganti abon sapi pedas


(resep asli lemper ayam resep diah didi kitchen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar